Regu Singa
Bagaimana cara
memahami pesserta didik?
a.
Dasar pertimbangan psikologis
Bahwa suatu
kegiatan akan menarik dan berhasil apabila sesuai dengan minat, bakat,
kemampuan, keinginan, dan tuntutan peserta didik.
b.
Dasar pertimbangan sosiologi
Bahwa secara
naluri manusia akan merasa ikut serta memiliki dan aktif mengikuti kegiatan
yang ada.
c.
Dasar pertimbangan Filosofis
Bahwa manusia
memiliki pandangan hidup yang mengikuti kebenarannya untuk itubagi bangsa
Indonesia hendaknya menyakiti Pancasila sebagai dasar falsafahnya.
1. Kebutuhan
Peserta Didik
Kebutuhan dan aspirasi ( tuntutan )
peserta didik dalam pengembangan diri, antara lain :
a. adanya
tempat dan kesempatan yang menyenangkan memperoleh kegiatan yang menyenangkan.
b. dorongan naluri
untuk memperoleh kebebasan berfikir, berpendapat, dan berprestasi.
c. hak azazi
untuk memperoleh pembinaan, bimbingan dan kasih sayang dari orang dewasa, orang
tua dan masyarakat.
d. pengembangan
bakat.
e.
pengembangan minat.
f.
peningkatan kemampuan dan kecakapan.
g. pencapaian
cita- cita.
h. peningkatan
daya cipta ( kreativitas )
i. daya
pembaharuan ( inovasi )
j. cipta,
rasa, karsa, dan karya.
k. hasrat hidup,
berjasa, dan berbakti.
2. Tugas –
tugas Perkembangan
a. Tugas
perkembangan anak seusia Pramuka Siaga, antara lain :
1)
belajar keterampilan pisik
2)
membentuk sikap hidup sehat (mengenai dirinya sendiri)
3)
belajar bergaul dengan teman – teman sebaya
4)
belajar peranan jenis
5)
membentuk keterampilan dasar : membaca, menulis dan berhitung.
6)
membentuk konsep-konsep yang perlu untuk hidup sehari – hari.
7)
membentuk hati nurani, nilai moral, dan nilai sosial
8)
memperoleh kebebasan pribadi
9)
membentuk sikap – sikap terhadap kelompok – kelompok sosial dan institusi.
Bagaimana Cara
menciptakan kegiatan Yang menarik, menantang dan
mengandung
pendidikan?
1. Belajar Sambil Melakukan (Learning
by doing), merupakan salah satu metode kepramukaan yang mendominasi pada
hampir semua kegiatan kepramukaan.
2.
Kegiatan
yang dianggap menarik dan penuh tantangan bagi peserta didik adalah kegiatan
yang:
a. baru
dikenal dan merupakan produk inovasi ;
b. dapat
mengembangkan kreatifitas ;
c. dapat
mengembangkan berbagai keterampilan
d. bermanfaat
bagi peserta didik dan masyarakat
3.
Cara
menyusun kegiatan yang menarik, menantang bagi peserta didik tergantung pada
tingkat perkembangan jiwa dan usia peserta didik yang bersangkutan.
a. Pembina
melibatkan peserta didik/Dewan Satuan dalam menghimpun macam-macam kegiatan
yang diiginkan oleh para peserta didik.
b. Beserta peserta didik Pembina
mengelompokkan macam - macam kegiatan tersebut menjadi kelompok-kelompok
kegiatan yang sejenis.