Posted by MATERI SEKOLAH ONLINE on Monday, 25 May 2015
1. Melipat Kertas
Garis besar
Latihan ini menunjukkan kepada peserta
bahwa petunjuk di-interpretasikan secara berbeda oleh orang yang berbeda pula.
Tujuan
1.
Membuat peserta melihat bahwa
instruksi/petunjuk di-interpretasikan dengan cara yang berbeda.
2.
Membuat peserta berpikir tentang cara mereka
memperbaiki kemampuan berkomunikasi.
Waktu
yang dibutuhkan
10 menit.
Jumlah
peserta
Tidak dibatasi.
Materi
yang dibutuhkan
Selembar kertas A4 untuk masing-masing
peserta.
Prosedur
1.
Berikan selembar kertas A4
kepada masing-masing peserta. Kemudian suruh mereka menutup mata dan mengikuti
instruksi Anda. Katakan bahwa mereka tidak boleh bertanya selama instruksi
diberikan.
2.
Berikan petunjuk berikut ini. Pertama-tama, lipat
kertas menjadi dua bagian sama besar. Kemudian lipat lagi. Lalu lipat sekali
lagi. Robek bagian ujung kanan. Balikkan kertas dan robek bagian ujung kiri.
3.
Sekarang mintalah peserta membuka mata mereka dan
membuka lipatan kertas tersebut. Maka akan terlihat jelas bahwa para peserta
tidak memiliki hasil akhir yang sama.
4.
Pimpinlah sebuah diskusi tentang bagaimana cara
memperbaiki kemampuan berkomunikasi.
Poin
diskusi
1.
Mengapa tidak semua orang
memiliki hasil akhir yang sama?
2.
Apakah instruksi itu dapat diikuti dengan mudah?
Mengapa? Mengapa tidak?
3.
Mengapa kita perlu memperbaiki kemampuan
berkomunikasi?
4.
Bagaimana memperbaiki instruksi tersebut?
Variasi
1.
Anda dapat memberikan petunjuk untuk melipat dan
merobek yang lebih banyak.
2.
Mintalah seorang peserta untuk memberikan instruksi.
_______________________________________________________________________
Catatan
trainer