MENCIPTAKAN
KEGIATAN YANG MENARIK, MENANTANG, DAN MENGANDUNG PENDIDIKAN
I.
PENDAHULUAN
1. Pendidikan dalam Gerakan Pramuka
adalah proses pendidikan sepanjang hayat yang berkesinambungan dengan sasaran
menjadikan manusia bertaqwa, berbudi pekerti luhur, mandiri, memiliki
kepedulian tinggi terhadap nusa bangsa, masyarakat dan lingkungannya, alam
seisinya, bertanggung jawab serta berpegang taguh pada nilai dan norma
masyarakat.
2. Pada hakekatnya, peserta didik di
dalam Pendidikan Kepramukaan, lebih banyak diperankan sebagai subjek daripada
objek pendidikan. Dengan demikian, peserta didik sendirilah yang berperan aktif
dalam proses kegiatan sehingga dapat dikatakan yang menjadi pendidik dalam
kepramukaan adalah peserta didik sendiri. Pembina Pramuka lebih
berperan sebagai pembimbing, pendamping dan fasilitator, senantiasa memberikan
motivasi dan stimulasi (rangsangan) terhadap konsep kegiatan dan melengkapinya
dengan metode yang paling tepat bagi kegiatan tersebut. Dalam proses pelaksanaan
kegiatan, peserta didik sendiri yang berperan aktif sepenuhnya.
3. Agar peserta didik terlibat secara
penuh dalam kegiatan, Pembina melibatkan mereka dalam perencanaan dan persiapan
kegiatan.
II. MATERI POKOK
1. Belajar Sambil Melakukan (Learning
by doing), merupakan salah satu metode kepramukaan yang mendominasi pada
hampir semua kegiatan kepramukaan.
Sasaran yang ingin dicapai dengan penggunaan metode ini ialah peserta didik
merasakan bagaimana menyusun acara kegiatan, bagaimana melaksanakan suatu
kegiatan, proses apa saja yang harus dilakukan bila terjadi hambatan dan upaya
apa yang dapat mengatasinya, serta apa yang mereka rasakan bila mana kegiatan
yang dilakukan berhasil dengan baik.
2. Kegiatan yang dianggap menarik dan
penuh tantangan bagi peserta didik adalah kegiatan yang:
a. baru dikenal dan merupakan produk inovasi ;
b. dapat mengembangkan kreatifitas ;
c. dapat mengembangkan berbagai keterampilan
d. bermanfaat bagi peserta didik dan masyarakat
3. Kegiatan yang menarik, penuh
tantangan dan mengandung nilai pendidikan dapat :
Menumbuhkan
kebanggaan bila dapat diselesaikan dengan baik dan sukses.
Menumbuhkan
kreatifitas, menemukan cara dan metode baru dalam pemecahan masalah untuk
menjawab tantangan Menumbuhkan rasa percaya diri,
keteguhan hati, keuletan dalam usaha, pengetahuan dan pengalaman yang sangat
mengesankan
a. Kaum muda pada umumnya akan tertarik pada hal - hal yang
menantang, mereka mempunyai kebanggaan tersendiri bila dapat menyelesaikannya
dengan baik dan sukses.
b. Dalam proses pelaksanaan suatu kegiatan yang menantang
mereka mencurahkan segala uapaya, dan dengan mencari-cari teknik yang tepat
untuk dapat mencapai keberhasilan atas kegiatan tersebut.
c. Dengan berhasilnya melaksanakan kegiatan yang menantang,
peserta didik mendapatkan pengembangan kreativitas,. Kegiatan yang dapat
mengembangkan aspek -aspek mental maupun pisik sebagaimana tersebut di atas,
mengidentifikasikan bahwa kegiatan tersebut adalah kegiatan yang mengandung
pendidikan.
d. Hal - hal apa yang menarik dan menantang bagi peserta didik
tergantung pada tingkat perkembangan jiwa dan usia peserta didik yang
bersangkutan.
4. Cara menyusun kegiatan yang menarik,
menantang bagi peserta didik tergantung pada tingkat perkembangan jiwa dan usia
peserta didik yang bersangkutan.
a. Pembina melibatkan peserta didik/Dewan Satuan dalam
menghimpun macam-macam kegiatan yang diiginkan oleh para peserta didik.
b. Beserta peserta didik Pembina mengelompokkan macam - macam
kegiatan tersebut menjadi kelompok-kelompok kegiatan yang sejenis.
c. Peserta didik dengan didampingi/dibimbing Pembina menyusun
program kegiatan dengan memperhatikan :
1) Skala prioritas
2) Penyesuaian dengan waktu dan tempat
3) Pelaksanaan program kegiatan diselaraskan
dengan kegiatan
masyarakat
yang ada pada saat itu.
d. Ketika program yang sudah ditetapkan tersebut akan
dilaksanakan, Pembina mengajak para Pemimpin Barung/ Regu/ Sangga, untuk
berlatih bagaimana melaksanakan kegiatan yang akan datang. Pada saat
Pembina menggladi para Pemimpin tersebut, Pembina memilihkan/menentukan metode
yang tepat dan bagaimana cara melaksanakan dalam praktek yang praktis sehingga
pada saat melaksanakan kegiatan bersama rekan-rekannya, mereka dapat memberi
petunjuk tentang bagaimana melaksanakan kegiatan yang dihadapinya.
III. PENUTUP
1. Kegiatan yang menarik dan memberi
tantangan adalah kegiatan yang dapat memenuhi rasa ingin tahu, rasa ingin
mencoba, ingin menemukan jawaban dan mendapatkan pengalaman, yang ada dalam diri
peserta didik.
2. Pembina Pramuka harus dapat
memberikan kegiatan yang menantang selaras dengan perkembangan jiwa peserta
didik, di samping itu Pembina hendaknya mempertimbangkan keselamatan (safety)
pada pelaksanaan kegiatan tersebut.
3. Kegiatan yang menarik, menantang
dengan melibatkan langsung para peserta didik dalam menyusun program kegiatan
dan pelaksanaanya, akan membekali mereka untuk hidup aktif, kreatif, ulet,
tahan uji, percaya diri, bertanggung jawab, mandiri dan memiliki keterampilan
kepemimpinan, manajerial, bergaul, pisik, dan keterampilan bermasyarakat,